8 Keterampilan Abad 21 yang Harus Dimiliki oleh Siswa dan Guru

8 Keterampilan Abad 21 yang Harus Dimiliki oleh Siswa dan Guru

SUKSES OTODIDAK MY ID -
Artikel ini akan membahas tentang keterampilan abad 21 yang penting untuk dipelajari dan dikuasai oleh siswa dan guru di era digital ini.

Keterampilan abad 21 adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk beradaptasi, berinovasi, dan bersaing di dunia yang terus berubah dan kompleks. 

Berikut adalah 8 keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa dan guru:

1. Berpikir kritis. 

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah secara logis, sistematis, dan kreatif. Berpikir kritis membantu siswa dan guru untuk tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga untuk mempertanyakan, menyaring, dan menguji kebenaran dan relevansinya.

2. Kolaborasi. 

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain secara efektif, baik secara online maupun offline. Kolaborasi membantu siswa dan guru untuk memanfaatkan kekuatan dan keahlian masing-masing, serta untuk belajar dari perspektif dan pengalaman yang berbeda.

3. Komunikasi. 

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk menyampaikan dan menerima pesan secara jelas, tepat, dan persuasif, baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi membantu siswa dan guru untuk berinteraksi dengan berbagai audiens, seperti teman sebaya, orang tua, masyarakat, dan dunia.

4. Kreativitas. 

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru, orisinal, dan bermakna, serta untuk mengimplementasikannya dalam bentuk produk atau layanan yang bernilai. Kreativitas membantu siswa dan guru untuk menemukan solusi unik untuk tantangan yang dihadapi, serta untuk mengekspresikan diri secara autentik.

5. Literasi digital. 

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara efisien, etis, dan aman. Literasi digital membantu siswa dan guru untuk mengakses, mencari, mengolah, menyimpan, dan berbagi informasi dalam berbagai format digital, serta untuk berpartisipasi dalam komunitas online yang sehat dan produktif.

6. Berpikir global. 

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk memahami isu-isu global yang berkaitan dengan lingkungan, sosial, ekonomi, politik, budaya, dan kemanusiaan. Berpikir global membantu siswa dan guru untuk mengembangkan kesadaran, empati, toleransi, dan tanggung jawab terhadap dunia yang lebih luas dari lingkungan sekitar mereka.

7. Belajar sepanjang hayat. 

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk belajar secara mandiri, berkelanjutan, dan berorientasi pada tujuan. Belajar sepanjang hayat membantu siswa dan guru untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai mereka sesuai dengan kebutuhan pribadi dan profesional mereka.

8. Kepemimpinan. 

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk memimpin diri sendiri dan orang lain secara positif, visioner, dan inspiratif. Kepemimpinan membantu siswa dan guru untuk menetapkan visi, misi, tujuan, strategi, dan tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai mereka, serta untuk memotivasi dan menggerakkan orang lain untuk mencapainya.

Demikianlah 8 keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa dan guru. Dengan mengembangkan keterampilan-keterampilan ini, siswa dan guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran mereka, serta siap menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

0 Comments