Tetap Produktif, Berikut ini 8 Langkah Memulai Bisnis Kecil dari Awal

Memulai bisnis terasa lebih mudah dikelola ketika Anda mengikuti proses langkah demi langkah yang lugas. Perasaan bahwa tantangan untuk memulai bisnis terlalu besar merupakan hambatan utama yang dilihat banyak pengusaha menghalangi jalan mereka menuju kemandirian finansial. Namun, proses dasar membangun bisnis bisa selangkah demi selangkah seperti memulai toko kopi Anda di pagi hari atau berkendara ke tempat kerja. 


SUKSES OTODIDAK - 
Hidupkan segalanya, bersiaplah, temukan titik awal dan pergi.
Itu tidak berarti bahwa itu mudah atau tidak ada pekerjaan yang terlibat. Tetapi ketika membuat bisnis kecil, serangkaian langkah menjadi dapat dikelola alih-alih tangga tanpa akhir yang harus Anda jalani. 

Dengan semangat melakukan hal-hal satu demi satu yang produktif, berikut adalah delapan langkah yang kami sarankan untuk memulai bisnis kecil Anda sendiri.

1. Dapatkan rencana bisnis strategis

Rencana bisnis adalah struktur hidup perusahaan Anda. Ini menciptakan jalan menuju sukses dan menjabarkan strategi untuk pendapatan, pemasaran, perekrutan, margin keuntungan, persaingan, dan keunggulan kompetitif. 

Anda juga akan menggunakan rencana Anda untuk membagikan visi Anda dengan calon investor, petugas pinjaman bank, dan bahkan manajer perusahaan baru serta pakar branding.

2. Gabungkan perusahaan Anda

Proses pembentukan bisnis dapat dikontrakkan kepada para profesional atau ditangani sepotong demi sepotong seiring berjalannya waktu. Jika Anda bekerja dengan perusahaan yang menawarkan layanan semacam ini, itu juga dapat menangani banyak tugas dalam langkah-langkah berikut untuk Anda. 

Kecuali Anda berencana untuk bekerja sebagai kepemilikan tunggal, yang memiliki aturan berbeda dan seringkali dapat dikelola dengan cara yang sama seperti pekerjaan lepas, Anda akan ingin membuat LLC atau perseroan terbatas. 

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang struktur bisnis mana yang harus dipilih di situs web Small Business Administration.

3. Dapatkan nomor ID Pajak

Dalam kebanyakan kasus, pemilik usaha kecil perlu mengajukan Nomor Identifikasi Wajib Pajak (TIN), yang digunakan Internal Revenue Service (IRS) untuk mengatur undang-undang perpajakan. Ini dikeluarkan baik oleh Administrasi Jaminan Sosial (SSA) atau oleh IRS. Menurut IRS.gov , nomor ID pajak tidak diperlukan jika Anda mengoperasikan kepemilikan tunggal atau LLC tanpa karyawan. Namun, jika Anda berencana memiliki karyawan, Anda harus mendapatkan Nomor Identifikasi Pemberi Kerja (EIN) yang dapat mereka gunakan untuk mengajukan pajak. EIN dapat diajukan secara online jika bisnis Anda berlokasi di Amerika Serikat atau Wilayah AS, dan Anda harus memiliki NPWP terlebih dahulu untuk mengajukan EIN. 

4. Dapatkan izin usaha

Persyaratan lisensi bisnis Anda mungkin berbeda tergantung pada kota, negara bagian, atau kabupaten tempat Anda menjalankan bisnis dan jenis serta ukuran bisnis yang akan Anda mulai. 

Misalnya, di beberapa negara bagian, pemilik tunggal tidak perlu memperoleh izin usaha (meskipun perusahaan dan layanan tertentu memiliki persyaratan perizinan dan izin individu). 

Ini adalah salah satu jenis layanan yang dapat dibantu oleh perusahaan formasi bisnis atau bahkan ditangani atas nama perusahaan Anda.

5. Buat merek

Pencitraan merek lebih dari sekadar logo yang bersih dan menarik serta serangkaian warna standar yang Anda gunakan untuk hal-hal seperti kemasan produk, kartu nama, dan situs web Anda. 

Hal-hal itu sangat penting dan sering diabaikan tetapi nada kata-kata dalam materi pemasaran Anda dan bagaimana gambar, grafik, dan produk Anda membuat pelanggan atau klien merasa juga merupakan bagian dari branding Anda. 

Putuskan seperti apa seharusnya resonansi emosional perusahaan Anda dan gunakan itu untuk menginformasikan semua pilihan merek Anda. Setelah Anda memutuskan tampilan dan nuansa, patuhi itu. Konsistensi pesan sangat penting untuk kesadaran merek.

6. Bangun situs web

Situs web bisnis yang baik lebih dari sekadar uji tuntas untuk pemilik bisnis pada tahun 2021. Ini pada dasarnya adalah bagian mendasar dari proses penciptaan bisnis, dan hampir tidak mungkin untuk melakukan bisnis yang efektif tanpanya, apalagi mencapai potensi pertumbuhan dan penjualan Anda. 

Kontrak dengan perusahaan layanan lengkap yang bereputasi baik, bekerja dengan pekerja lepas berbakat, atau bahkan buat sendiri beranda bergaya pendaratan yang sederhana namun efektif; apa pun yang diperlukan, dapatkan kehadiran web dan jalankan pada saat Anda siap meluncurkannya.

7. Dapatkan rekening bank bisnis

Ini mungkin tampak seperti langkah ekstra ketika Anda berada di tengah-tengah perencanaan bisnis, tetapi memilih bank yang bekerja lebih keras untuk usaha kecil sangat penting untuk kesuksesan Anda. 

Cari rekening giro bisnis khusus dengan biaya rendah atau tanpa biaya, setoran awal yang kecil, aksesibilitas ATM di wilayah Anda, rekening penghasil bunga, dan alat perbankan online atau seluler yang diarahkan untuk mempermudah proses bisnis kecil. 

8. Merencanakan dan menjalankan strategi pemasaran digital

Digital adalah nama permainan sekarang; itu bukan tren atau sesuatu yang baru yang ingin diikuti semua orang. Pemasaran digital, apakah itu menemukan influencer untuk bermitra atau menciptakan suara yang tepat untuk sosial, akan memainkan peran sentral dalam cara Anda menyebarkan berita tentang bisnis Anda. 

Carilah manajer pemasaran media sosial yang gesit dan mampu mengikuti dunia sosial yang terus berubah. Kemungkinannya adalah, mereka akan dapat menangani kebutuhan pemasaran digital lainnya yang Anda miliki dan bahkan menyarankan saluran baru untuk mengembangkan basis pelanggan Anda.

Memiliki bisnis adalah proyek seumur hidup, dan pemilik usaha kecil menaruh hati dan jiwa mereka ke dalam perusahaan mereka hari demi hari. Tetapi mengambil lompatan itu ke dalam kewirausahaan tidak harus benar-benar, yah, sebuah lompatan.

0 Comments